Senin, 04 September 2023

4 Tips Mencari Topik untuk Artikel saat Buntu Ide


4 Tips Mencari Topik untuk Artikel saat Buntu Ide - Pernah nggak sih ketika kamu menulis tapi ide itu rasanya nggak keluar dari kepala? Yang katanya ide ini harus dipancing. Setuju sih! Ide memang kalau nggak kita pancing, kita yang akan kewalahan. 


4 Tips Mencari Topik untuk Artikel saat Buntu Ide
4 Tips Mencari Topik untuk Artikel saat Buntu Ide



Tapi ada kalanya memang ide bisa nggak keluar sama sekali alias mentok sementok-mentoknya. Karena bisa jadi keadaan kita yang emang lagi jenuh, dan nggak baik-baik saja. 


Tenang, buat kamu yang emang ingin lagi menulis tapi kepentok nggak ada ide. Bisa terapkan tips berikut ini. 



4 Tips Mencari Topik untuk Artikel 



1. Membahas ide sesuai dengan kemampuan


Setiap manusia diberikan fitrahnya masing-masing. Saya yang pandai beberes rumah ini, belum tentu kamu juga hehehe ... iya nggak? Gampangnya lihat saja profesi orang, beragam ya kan? Ada yang jadi pilot, pengusaha, guru, dan lain sebagainya. 


Kalau profesimu jadi guru, bagilah tulisan atau artikel dengan ide yang kamu ajar di sekolah aja. Atau juga bisa curhat saat jadi guru, bagaimana lelahnya mengajar atau bagaimana senangnya bisa bertemu dengan murid-murid. Sederhana kan?



2. Menulis keluh kesah dan resah


Tidak ada manusia yang lolos dari ujian Sang Maha Pencipta ya kan? Terkadang kita bisa menghadapi, dan ada kalanya kita lelah merasai. Kalau mau curhat sama orang malu, tulis aja di blogmu. Agar resah dan kesah yang ada di dalam dada berpindah tempat, agar dada menjadi lega dan plong. Macam nulis diari aja. Pasti langsung mberundul tuh banyak ide di kepala.


3. Menjaring ide melalui media sosial


Siap yang nggak punya media sosial jaman sekarang? Pasti pada punya ya kan? Entah itu instagram, facebook, X, dan lain seabgainya. Cari tahu apa yang sedang ramai dibahas, bisa dijadikan ide untuk menulis juga lho. 


4. Menulis pengalaman menggunakan sesuatu


Pengalaman adalah guru paling berharga. Percaya atau tidak, saya pernah menulis pengalaman minum obat cacing di blog utama. Kemudian ada yang DM melalu instagram, menanyakan bagaimana setelah saya meminum obat cacing tersebut. Karena ketika dia sudah minum, rasanya dia masih merasa gatal. 


Jadilah kami diskusi, dan akhirnya ngobrol. Nggak nyangka ya kan? Kalau pengalaman kita membuat orang lain, tergerak hatinya? Silaturahmi lantas terjalin. MasyaAllah. 



Semoga '4 Tips Mencari Topik untuk Artikel saat Buntu Ide', di atas dapat bermanfaat ya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar